“Karena..hidup adalah soal keberanian, terimalah dan hadapilah..”

Mei 16, 2010

Tentang Pilihan

Filed under: imagine,Isengg..,PenGalan KisaH HidUP — ariee @ 3:10 am

Persimpangan yang mewajibkan kita untuk memilih, rasanya selalu kita dapati dalam perjalanan ini. Entah ini adalah sebuah keuntungan privilege yang dihadiahkan ALLAH SWT kepada umat manusia sebagai mahluk ciptaan yang paling utama, ataukah sebaliknya..??

Pernah suatu kali saat iseng-iseng browsing, ngebaca suatu blog (lupa urlnya) sederhana, dengan cerita sederhana tapi cukup menggambarkan analogi dari persimpangan hidup. Kisah ini rasa-rasanya merupakan pengalaman real pribadi dari si penulis, saat masa kecilnya dikampung, pernah suatu hari dia (si penulis) bersepeda menuju sekolah adiknya untuk menjemput adiknya pulang, hal ini hampir tiap hari dia lakukan dan tidak ada yang aneh. Dalam perjalanan pulang kerumah, dia harus melewati sebuah persimpangan jalan, kedua jalur dipersimpangan tersebut sebenarnya dapat mengantarnya sampai kerumah mereka. Tapi kebiasaan dari kakak-beradik itu sering mengambil jalur kanan, dengan alasan (mungkin) lebih dekat. Dan hampir setiap hari pun begitu, tapi kemudian pada hari itu sang kakak terselip pikiran lain dan berbalik merubah arah dengan mengambil jalur sebelah kiri, ternyata pilihan tersebut berbuah konsekuensi berat, diperjalanan sepeda mereka hampir menabrak anak-anak yang sedang bermain dijalan, karena ingin menghindari tabrakan tersebut, si kakak membanting stang kepinggir jalan, dan tidak dapat menguasai keadaan kemudian mereka terperosok keselokan. Dan parahnya luka dikepala si adik cukup serius karena benturan.  Pengalaman tersebut kyaknya lumayan membekas sebagai rasa bersalah karena mengambil keputusan untuk berbelok arah.

Tapi kemudian yang harus dilihat bahwa keputusan tersebut adalah sebuah pilihan dengan berbagai konsekuensi logis yang akan menyertainya. Kita tidak pernah tau secara pasti bahwa pilihan yang kita putuskan adalah lebih baik atau lebih buruk dari pada kemungkinan lain yang kita abaikan. Yang ada hanyalah estimasi-estimasi kasar yang belum tentu valid kebenarannya. Sebagaimana pilihan si kakak ketika mengambil jalur kiri dipersimpangan, tanpa tau apa yang menantinya didepan sana, tapi mungkin juga tidak lebih baik seandainya dia memutuskan lewat jalur kanan, mungkin saja akan ada kejadian yang lebih fatal dari pada pilihan sebelumnya.

Kembali ke gw pribadi, rasa-rasanya akhir-akhir ini gw dihadapkan kepada beberapa pilihan yang menentukan bagaimana, apa dan kemana gw terus melangkah. Ada beberapa hal yang sangat pribadi menunjukkan pola yang sama, yaitu “memilih”. Tapi yang paling cocok gw bahas mungkin tentang karir (tidak terlalu private), gw dihadapkan kepada rel mana yang akan gw lalui dan terus terperosok makin dalam (baca : expert). Pilihannya adalah bermain dengan system servis (network admin), menjadi system developer (programmer) atau pilihan ketiga bermain di core network (network engineer).

Pilihan-pilihan tersebut tentunya memiliki advantages dan disadvantages masing-masing. Sebagai network admin yang bermain dengan server dan servis-servis bukan hal baru bagi gw, dan mungkin tidak begitu membutuhkan CPU effort yang tinggi, kecuali disisi security dan performance tuning. Opportunity-nya pun tidak mengecewakan, baru 2 hari yang lalu gw ditawar perusahaan dari negri jiran yang core bisnisnya system solution, sebagai network admin dengan iming-iming gaji yang “cukup lumayan”. Tapi pertimbangannya kemudian adalah ketika tawaran itu gw sambut positif maka rel karir gw pun tidak akan jauh dari bidang itu.

Pilihan ke-dua sebagai system development, untuk yang satu ini, ibaratnya adalah gw telah berjalan cukup jauh ke arah selatan, tapi dengan pertimbangan opportunity gw harus kembali ke titik start dan mengubah arah jarum kompas gw kearah utara. Ini pilihan yang “hampir” tidak mungkin. Tapi godaan opportunity itu lumayan kuennncenngggg lhooo… Yang didepan mata adalah lingkungan ditempat gw kerja sekarang, sangat memungkinkan untuk gw banting stir dan merekonstruksi kembali proposal hidup gw.

Pilihan ke-tiga merupakan pilihan yang selalu gw gadang menjadi impian track yang akan membawa gw menuju puncak, gw nampaknya begitu terobsesi untuk terus menjadi expert dibidang ini, bermain dengan lusinan router dan switch-switch segede meja, dengan config BGP, MPLS, OSPF, NGN Protocol’s dan solusi-solusi network lainnya.  Tapi kemudian challenge-nya terasa “wuuiihh..” dan membutuhkan CPU effort yang lebih, baik tenaga maupun cost. hehehehheeee… tapi rasanya (estimasi kasar) gw bakal dengan senang hati menjalani setiap fase prosesnya… Tanpa tau pasti apakah ini pilihan terbaik.

Gw butuh sepasang lampu penerang yang akan menerangi radius 10 meter didepan sana, yahh hanya 10 meter sekedar untuk mendamaikan dan memantapkan langkah dari putaran roda hidup. Gw butuh, yang memberikanku ide itu.

Hahahahaaa.. PILIHAN..!!

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

