“Karena..hidup adalah soal keberanian, terimalah dan hadapilah..”

Januari 25, 2008

Keakraban Pendakian Gn. Gede part. I

Filed under: PASWA — ariee @ 3:21 pm

Uda lama ga naek bareng temen2 PASWA, beberapa bulan yang lalu ngerencanain naek bareng anak-anak pas liburan bulan Desember. Namanya juga rencana kadang jadi kadang kaga..Pas sebulan dari hari yang direncanain, sebagian temen-temen yang tadinya ngajak dan mao diajak pada ngebatalin alasannya lagi musim ujan nieee..!!!, yah akhirnya sempet berfikir untuk ngundurin jadwal ke bulan Maret pas TNGP di buka lagi..Tapi gw beruntung ada temen (senior) yang peduli banget ama PASWA namanye Cenos, dari dia gw sering dapet masukan dan dorongan semangat buat tetep ngejalanin PASWA dan tetep giat nyari elmu..kebetulan gw ma die doyan ma satu bidang yaitu networking..mangkanye jadi seriing sharing ma diee..

UDah ahh intronye kepanjangan …:))

Singkat cerita karena ngerasa ada yang mao ngedukung dan bantuin semua persiapan buat pendakian bersama ini, (maklum Gn. Gede adalah gunung yang paling ribet birokrasinyaa..pa lagi gw ga sebebas dulu..:D) akhirnya gw putusin untuk tetep ngelaksanain kegiatan ini..Rencana pun disusun, Temen-temen yang dikampus gw ajak dan gw minta untuk ngordinasiin mahasiswa kampus yang mao ikut, Cenos gw minta untuk ngubungin alumni yang rada sempet dan mao ikut, Gw juga sounding ke beberapa senior PASWA. Selain itu sosialisasi kegiatan juga di lakukan via Blog, Forum dan brosur. Nah tugas disain brosur ga pernah jauh..dari Kokoy Senior gw di PASWAdi bantu ma Rendra, untuknye die masi sangat peduli ma PASWA, sselain brosur Kokoy juga ngedisain buat baju kegiatan..

Selanjutnya gw berhasil boking izin pendaikian di TNGP (Taman Nasional Gede Pangrango) untuk 30 orang itu juga dengan sedikit trik😀..Seminggu sebelum hari H, peralatan blom lengkap dan baju pun blum sempet di beli untuk di sablon, maklum waktu gw padet banget bgitu juga cenos dan kokoy, akhirnya gw minta temen-temen yang biasa bantu gw seperti Budi gw minta tolong untuk nganter gw ke cibodas untuk ngambil surat perizinan ma ngambilin tenda di anak KUMAPALA Amik Padjajaran Bogor (thanks Bro untuk tendanya…:)), Handrik ma Bolang gw minta tolong untuk beli baju di Jatinegara, buat disablon ma Tri temen gw..dan beberapa kebutuhan laen temen-temen di kampus gw minta buat nyiapin..Sukur akhirnya semua beres juga..

21 Desember 2007

Menjelang hari H..banyak diantara temen-temen yang ngebatalin dan minta maaf ga bisa ikut karena beberapa alasan, ini uda gw perkirakan sebelumnya, tapi yang paling gw sayangin Bang Jose ga bisa ikut karena ha ngejar berita hari sabtu tgl 22, maklum doi wartawan..padahal pngen bnget naek bareng diee niee..Akhirnya sampai jam setengah 8 malam yang ngumpul di kampus baru 13 orang, setelah yang terakhir di tunggu (kokoy) datang, kami pun breafing, doa dan berangkat.

Naik Busway kekampung rambutan, tiga kali transit (duku atas, Matraman dan kp. Melayu) baru nyampe kp. Rambutan, slama perjalanan di busway anak-anak rusuh banget ampe ga enak ma penumpang laen.. sampai di terminal kp. rambutan nyari bis yang kearah Cipanas, akhirnya dapat dan tawar menawar akhirnya dsepakati ongkos kp.rambutan-cipanas 10.000 rupiah.

Bis pun meninggalkan Jakarta, di dalam bis awalnya anak-anak terus saja bersandagurau, ada juga yang sambil maen poker, ternyata kebiasaan di kampus masi aja dibawa-bawa..He.hee.hee… tapi lama kelamaan juga pada kecapean dan banyak yang tertidur, cuman gw dan kokoy yang ga tidur, pengennya siee tidur tapi kokoy lagi konsultasi masalah bandwidth karena doi lagi pengen membangun usaha warnet. Eh lagi asik-asik ngobrol bis berhenti tiba-tiba di tengah jalan tol (nggak tau dah uda tol daerah mana..), lama menunggu ternyata mesin bis rusak, yahh jadi telat dehh, gerutu gw dalam hati.. akhirnya kurang lebih setengah jam kemudian bis pun dapat melanjutkan perjalanan kembali.

22 Desember 2007

Tiba di pasar Cipanas pukul 00.30, tadinya berencana langsung nyari angkot ke Putri, tapi karena ada beberapa logistik yang masi harus dicari, akhirnya nyariangkotnya kami tunda, sambil nunggu rombongan kedua, Cenos dan Bontot daten, gw ma Dwi belanja keperluan yang masi harus di beli. Kurang lebih 40 menit kemudian Cenos dan Bontot tiba, ehh ternyata ada kejutan Juju ikut, padahal tadi sebelum brangkat dari kampus dia masi sempet nelpon dari rumahnyaa, gw pikir dia ga mungkin bakalan ikut. akhirnya semua ngumpul, selanjutnya menuju Pos Putri.

Di pos Putri, seperti yang uda diperkirakan sebelumnya bakalan dipenuhi para pendaki yang juga sedang melapor terlebihdahulu sebelum mendaki, gw, cenos ma kokoy melaporkan jumlah anggota kelompok yang hendak mendaki, beberapa perlengkapan dan bahan makanan kami yang kiranya bisa menimbulkan sampah pun di list, nah yang paling ngebetein ternyata MP4 itu ga boleh dibawa saat pendakian, alasannya frekuensi suara yang ditimbulkannya bisa mengganggu ekosistem dari hewan-hewan yang dilindungi di TNGP, denagn berat hati Kokoy dan Cenospun menitipkan MP4 nya..hheee..hheeee…:D.

Setelah melapor, kamipun mulai mendaki, Cenos Leader depan dan gw jadi sweaper, perjalanan dimulai sekitar jam 3 subuh, sampai di batas ladang deket sungai kecil kami istrahat bentar sambil menunggu pagi, dan mempersiapkan segalanya termasuk air (sepanjang perjalanan sampai surya kencana ga ada sumber air..) kami istrahat tanpa membangun tenda, tidur beralaskan trashbag dan matras..ada yang tidur, adapula yang masak mie dan bikin kopi. Paginya setelah beberapa Shalat Subuh Juju dan Dwi dibantu oleh temen-temen yang laen menyiapkan sarapan pagi..setelah sarapan semuanya packing dan persiapan melanjutkan perjalanan, pagi itu langit cerah banget, pemandangan eksotis yang diterpa sinar matahari pagi terhampar di belakang kami saat memulai perjalanan pagi itu.. detail relief bumi begitu mempesona mata dan hati..seperti biasa gw jalan paling belakangan sebagai sapu atau sweaper, tapi kadang juga roling ma haris atau cenos jadi sweaper. yang paling bersemangat diantara kami adalah anak-anak baro pertama kali naek gunung kayak Gilar, bolang, eron, hendrik, ga kalah semangattnya Akhiee dan Novianto yang jalan paling depan di temani Anes. Sepanjang perjalanan yang terus mendaki, ditengah kelelahan dan nafas yang saling memburu masi sering terdengar canda tawa teman-teman menertawai tingkah kocak beberapa teman yang laen (jadi kayak nonton parodi di tengah hutan) mulai dari tingkah juju sebagai wanita penggoda para pendaki (kata cenos), kokoy yang selalu jadi bahan cengan, Cenos yang selalu menimpali dengan cerita-cerita segarnyaa, sampai eron yang sering memperlihatkan kecaurannya..sepanjang perjalanan ini bener-bener nikmat terasa, ditengah suasana hijaunya alam, masi ada kebersamaan yang indah terjalin diantara kami, serta kicau burung dan semilir angin yang terus mengiri kami bagai lantunan maha karya indah dari yang Maha Indah.

Jalan terus mendaki, sesekali kita beristrahat untuk memulihkan tenaga. Tak terasa sekitar pukul 10.00 kita sampai di shalter 3 Buntut Lutung pada ketinggian 2280 mdpl, sampai dishalter ini teman-teman tidak istrahat ngaso, kami langsung melanjutkan perjalanan. Sambil ngobrol gw bilang ke Cenos, “Nos setelah buntut lutung jalan ngetrack mulu nihh..!!!”. selanjutnya perjalanan bener-bener ngetrack dengan tanjakan yang lumayan terjal untuk didaki, tapi itu tak menyurutkan semangat dan canda tawa kami terus mengiringi. Ditengah perjalanan sekitar pukul 10.30 cuaca berubah, hujan pun turun menyelimuti alam gunung Gede, kami serentak menggunakan mantel hujan yang telah dipersiapkan sebelumnya. setelah mantel di kenakan, kami pun melangkah melanjutkan pendakian. Sangat terasa tantangannya, selain dibalut oleh hawa dingin akibat basah karena air hujan, jalan terjal yang licin pun menambah beban kami untuk sampai di alun-alun surya kencana. Perjalanan mengalami banyak keterlambatan, rombongan terpisah-pisah, rombongan yang berjalan paling depan (Juju, Akhi, Bolang, Eron, Gilar, Zul, Bontot, Novi, dan Handrik), terpisah jauh dengan rombongan yang dibelakangnya. Cuaca sepertinya tidak memberikan waktu kepada para pendaki untuk berjalan dengan tenang tanpa harus merasakan dingin yang amat sangat. Ada kejadian yang bagi gw pribadi selama melakukan aktifitas dialam terbuka baru pertama kali terjadi, kaki gw tiba-tiba keram sampai gw terjatuh dan ga bisa berdiri. Ternyata bukan gw saja yang ngalamin seperti itu, beberapa yang lain juga seperti cenos mengalami kondisi seperti gw. Kondisi fisik gw dan temen-temen siang itu memang bener-bener drop karena lelah, lapar dan dingin kehujanan.

Akhirnya kurang lebih pukul 3 sore kami semua sampai di surya kencana alun-alun barat. Walau badan lelah dan menggigil kedinginan, kami paksakan untuk membangun tenda saat itu juga, maklum kondisinya saat itu hujan masi terus mengguyuri bumi surya kencana, setelah gw ormed dan menentukan lokasi, tendapun didirikan. 3 tenda dibuat, kami langsung masuk dan berusaha menghangatkan badan.

Setelah kondisi badan agak enakan, kami keluar dari tenda untuk membereskan semua mulai dari tenda yang terkesan asal berdiri (maklum bener-bener dah lemah banget pas bikinnya..), cariel-cariel basah yang digletakin begitu saja disebelah tenda. Tenda pun diberesin biar istrahat malam nanti bisa senyaman mungkin, barang-barang dimasukin ke tenda kecil punya bontot, yang katanya da berjasa selama bencana alam ga tau pas dimana..:) setelah semua beres mulai mikirin buat makan siang yang agak kesorean, karena ngerasa masi lemah banget, makanan sore ini hanya bubur siap saji dan indomie, tanpa nasi..uhh apess bngett tapi nikmat boo…(bagi gw dikatakan kuat ketika kita bisa merasa bahagia disaat kondisi yang bagi sebagian orang dianggap susah..). Sore itu semua bersembunyi di dalam tenda masing-masing, langit masi terus berbaik hati membasahi bumi dengan Rahmat-Nya. Setelah magrib hujan mulai reda beberapa ada yang keluar dari tenda seperti binatang malam yang keluar dari sarangnya untuk menikmati sejuknya malam:) nahh saatnya makan malam, karena kondisi yang uda lumayan stabil malam ini kami bakalan makan sepuasnya dengan nasi make lauknya ikan teri pedes dari meong dan tak lupa makanan wajib indomie tentunyaa..heehee..;)) Gw dan Anes yang masak, abis partnernya anes di dapur (Wati) ga ikut siee..jadi gw turun tangan dahh..selesai makan bikin kopi sambil ngobrol-ngobrol ditenda masing-masing, abisnya ujan turun lagi. Tenda sebelah ada Akhie, Bolang, Handrik, Gilar, Eron, Novi, Zul sibuk bercerita tentang UNSWA (Universitas Swadharma yang katanya rencananya mao di bangun, tapi uda dideklarasikan ma si Akhie di atas tanah alun-alun surya kencana..hehehee..), tenda cewe ada trio macan Dwi, Juju dan Meong sibuk bercerita tentang komik, wah malam itu Dwi kayak emak-emak yang lagi ngedongengin anaknya biar cepet tidur.. Nah ditenda atunya ada gw, cenos, haris, kokoy, Anes ma bontot. ceritanye uda ngalur ngidul kemana tau sambil minum kopi ma bandrek anget karya anes, ceritanya mulai dari PASWA jaman keemasan (gw nyebut PASWA angkatan tua), aktifitas forum paswa dan segala penghuninyaa, sampe dengan cara nyari duit di internet juga ada, nah yang atu ini keynote speakernya Bung Cenos. Malam indah ini pun berlalu dengan suasana keakraban yang hangat ditengah dinginnya alam, uda lama ga nemuin suasana se melankolis ini.

Bersambung ke part-II

Foto – Foto :

MAo brangkat Nongkrong di cipanas

Pas mao berangkat dari kampus dan lagi nongkrong di Cipanas jam 1 malam

Packing Di pAgi hari Alam Indah di pagi hari

Aktifitas Dipagi hari dan alam indah terhampar luas

KeakRaban Di ALaMDalam langkah yang mendaki
KeaKraban di bawah riMbunnya hUTan yaNG hiJAu

huTan yanG sEJuk juJU berMANtel