“Karena..hidup adalah soal keberanian, terimalah dan hadapilah..”

Desember 25, 2007

Hutanku sayang

Filed under: PASWA — ariee @ 3:56 am

Dunia sedang panik dengan isu global warming dan climate change, entah ini adalah sebuah fenomena yang terlambat datangnya ataukah moment tepat untuk membuka mata dunia teantang kerusakan hutan dan dampak yang di timbulkannya. Berbicara tentang kerusakan hutan, bangsa ini Indonesia menurut sumber dari Tempointeraktif.com, merupakan negara yang paling cepat laju kerusakan hutanya, yang mencapai 3,8 juta hektar per tahun, atau sekitar 7,2 hektar hutan yang rusak setiap menitnya, papar Longgena Ginting Eksekutif Nasional WALHI.

Jika masih terus terjadi dan kalau tidak dihentikan, maka hutan dataran rendah Sumatera akan habis pada tahun 2005. Juga dataran rendah di Kalimantan akan habis pada tahun 2010. Minyak pun, dikatakan Longgena, tidak akan bertahan dalam waktu 10 tahun.

Dari tutupan hutan Indonesia seluas 130 juta hektar, menurut World Reseach Institute (sebuah lembaga think tank di Amerika Serikat), 72 persen hutan asli Indonesia telah hilang. Berarti hutan Indonesia tinggal 28 persen. Data Departemen Kehutanan sendiri mengungkapan 30 juta hektar hutan di Indonesia telah rusak parah. Itu berarti 25 persen rusak parah.

Mudah-mudahan manusia cepat sadar sebelum semua jadi terlambat, sehingga apa yang digambarkan oleh sekumpulan teman-teman mahasiswa pecinta alam dalam sebuah stiker moralnya “Jika Pohon terakhir sudah ditebang, satwa terkahir telah dibunuh dan sungai terakhir telah dicemari, maka saat itu manusia baru akan sadar bahwa uang takan bisa dimakan”.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: